Wednesday, May 23, 2012

cara membuat tulisan atau gambar pada lempengan tembaga

              Dengan menggunakan batu timbul lebih dahulu barang tambaganya digosok sampai rata, setelahnya tembaga menjadi rata atau halus kemudian di panaskan sedikit; dan panas ini cukup untuk melelehkan lilin yang di taruh di atasnya. Lilin yang leleh di atas tembaga tersebut  jangan terlalu tebal, tetapi harus di kira-kirakn setebal setengah mili meter. supaya lilin tersebut bisaa menjadi lebih keras kalau sudah dingin, supaya di campur dengan sedikit damar putih atau damar mata kucing.
              setalahnya lilin itu menjadi dingin dan mengeras, kemudian di atas lilin tersebut di buat huruf atau gambar yang di kehendaki
, dengan menggunakan barang yang tajam. Cara menggores lilin tersebut, barulah sampai tembaganya, buatlah sampai lilinnya hilang.
              supaya bekas yang ditulis atau digambar jelas kelihatan, lilintersebut bisadi hitamkan sedikit sekeliling tempat atau ruangan yang akan dibuat tulisan gambar tersebut di lingkari dengan lilin setebal 2 atau 3 mm. Kemudian di dalam tempat yang telah di lingkari dengal lilin tersebut di tuangkansedikit campuran yang terdiri atas : 1 bagian asam sendawa dan 3 bagian air dengan maksud untuk membersihkan tempat atau atau ruangan yang sudah tidak ada lilinnya tersebut.
               Setelah ruangan itu bersih betul, kemudian di teteskan asam belerang dengan menggunakan bulu ayam atau benda lain. setelahnya makan betul, kemudian tuanglah dengan air panas,yang dimaksudkan untuk menghilangkan lilinya. Kemudian setelah lilinnya bisahilang semuanyabarang tembaga telah bersih barang tembaga tersebut bisa di bersihkan dan dikeringkan . dan sekarang tulisan atau gambar tersebut telah terlihat sesuai dengan yang dikehendaki

No comments:

Post a Comment