Wednesday, May 23, 2012

Cara Memperbaiki Kikir Yang Sudah Tumpul

             Pada umumnya kalau kikir telah lama dipakai, maka kikir tersebut menjadi tumpul karenanya. untuk memebuat supaya kikir tersebut menjadi tajam kembali bisa di gunakan dengan cara sebagai berikut:
  • Kalau kikir tersebut bergemuk karna di pakai maka terlebih dahulu kikir itu dicelupkan kedalam air soda yang keras selama kurang lebih setengah jam .Setelah itu di bersihkan dengan air.Sebelum mengasah kikir yang tumpul itu, haruslah di ketahui terlebih dahulu benda apakah yang telah di kikir tersebut.akakn kalau kikir itu baru saja di gunakan untuk mengikir besi terlebih dahulu haruslah di celupkan dengan air terusi (kopervitriool) dengan demikian maka besi pengikiran yang melekat pada gigi kikir tersebut akan hilang
  • tapi kalau kikir yang di pakai itu adalah kikir timah (artinya kikir yang digunakan unutk mengikir timah), maka sebelumnya haruslah di celupkan kedalam asam sendawa (salpeterzuur) yang keras sampai keluar uap merah.
  • kalau kikir tersebut baru dipakai pada zink (timah sari) . sebaiknya di bersihkan terlebih dahulu dengan cara menggunakan asam belerang (zwavelzuur) yang tidak keras
  • kalau kikir tersebut barusaja digunakan untuk mengikir kayu , maka unutk membersihkannya kikir tersebut di celupkan kedalam asam belerang keras yang sedapat mungkin dipanaskan terlebih dahulu.
          Kemudian  setelah kikir itu di bersihkan dengan cara-cara seperti tersebut di atas. maka selanjutnnya di bersihkan baik-baik dengan menggunakan air serta di sikat dengan sikat kikir. Setelah itu kikir tersebut di letakkan dalam air yang bercampur kapur. Dicuci pula dengan air bersih serta di keringkan untuk mengeringkan kikir ini.Bisa diguakan serbuk gregaji/bubuk arang ataupun di siram dengan spiritus. kemudian di bakar. kemudian sikatlah kikir tersebut sampai bersih sekali dan di basahi dengan terpentin.
           kikir yang majal atau tumpul bisa di buat sedikit tajam dengan cara sebagai berikut :
celupkan kikir tersebut sebanyak kira-kira seperempatnya untuk waktu kurang lebih selama 5 menit ke dalam campuran yang terdiri dari :
  1. bagian asam sandawa
  2. bagian asam belerang 
  3. bagian air
            lama mencelupkan kikir tersebut tergantng dari tumpulnya kikir, kalau kikir itu terlalu tumpul maka mencelupkannya juga lebih lama.
 

No comments:

Post a Comment